WORLD Stasiun KAI Manggarai


Stasiun KAI Manggarai, adalah stasiun asli ke-9 yang kita buat di Minecraft yang pada awalnya kita tidak terlalu tertarik untuk membuat Stasiun Manggarai ini karena waktu itu Stasiun Manggarai masih dalam proses Pembangunan.

Sempat dipikirkan apakah kita harus membuat Stasiun lamanya saja? Stasiun Final Designnya saja? atau Stasiun dengan kondisi actual yang sebenarnya?, dan akhirnya pilihan itupun jatuh pada opsi membuat Stasiun Manggarai dengan kondisi aktual yang sesungguhnya.

Waktu itu Stasiun Manggarai sedang dalam kondisi SO-6 (Switching Over 6) dan disana saya melakukan survey dengan mendatangi langsung Stasiun Manggarai sebanyak 2x. Saya melakukan survey dengan keliling bagian peron Stasiun, maupun keliling sekitar area luar Stasiun Manggarai.

Dengan hasil survey yang ada, dipadukan juga dengan hasil satelit google earth. Kami akhirnya memulai pembuatan dari Stasiun Manggarai dan ini adalah hal yang TIDAK MUSTAHIL. Waktu itu kita sebenarnya sedang membuat Stasiun Tegalluar, namun karena terlalu sedikit referensi yang kita miliki. Sehingga kita memutuskan untuk menghentikan total Pembangunan Stasiun Tegalluar tersebut.

Perjalanan dimulai dari penggalian dan pembukaan lahan dari area Stasiun Matraman, sampai ke area stasiun Gambir. Skala yang kita pakai untuk pembuatan Stasiun Manggarai inipun menggunakan skala 1:1 dan kita memutuskan untuk membuat Stasiun ini dalam kondisi Semi Survival.

Terdapat 45 Builder yang ikut serta dalam memeriahkan server Ketika Pembangunan Stasiun Manggarai. Dimana ada yang memang ikut membantu, ada yang haha hihi, ada yang griefing, ada yang Cuma bengong dan lain-lain.

Kita waktu itu memberikan kebebasan untuk membuat apapun bangunan yang ingin para player buat, namun hanya untuk bagian luar dari Stasiunnya saja. jadi seperti bangunan dipinggir jalan, toko-toko dll itu kami bebaskan untuk para player lain untuk membuatnya.

Hasil karya para builder ini menarik sekali, ada yang membuat Stasiun sangat besar lengkap dengan jalur layang MRT dan juga pemandangan sawah yang dibuat dan dibangun oleh Chirantyo dan kawan-kawannya. Namun banyak juga yang protes karena bangunan beliau terlalu memakan banyak tempat dan mengurangi nilai estetika lingkungan sekitarnya yang menyebabkan Chrisantyo sering sekali bangunannya mengalami griefing parah akibat protes dari player lainnya.



Kami para admin akhirnya memutuskan daripada kami menghancurkan hasil karya Chrisantyo, kami akhirnya melakukan pemindahan seluruh bangunan beliau kedalam tanah dan kami preserved disana. Walaupun sudah dipindah kedalam tanah, masih banyak yang melakukan griefing terhadap bangunan Chrisantyo ini (sungguh malang, mana masih muda lagi).

Tidak hanya Chrisantyo, ada lagi warga lokal daerah Matraman yang melakukan Pembangunan MEGA PROJECT di sekitar area Stasiun Matraman, beliau adalah Azfar dan dia memiliki ambisi untuk membuat sebuah skyscraper hotel Bintang 7 yang belum pernah dibuat dan dibayangkan oleh builder manapun di Minecraft.

Namun, sayangnya itu hanya menjadi sebuah wacana karena Mega Proyek Azfar tersebut banyak sekali mengalami mangkrak, tidak hanya untuk hotelnya. Namun semua bangunan yang beliau buat semua terlalu besar dan berujung menjadi mangkrak.

Bahkan beliau ingin membuat hotel kedua yang letaknya berdampingan dengan hotel mangkrak utamanya tersebut. Banyak juga yang ikut membantu pembukaan lahan untuk hotel kedua Azfar ini, namun lagi-lagi… berujung dengan mangkrak.

Didalam hotel Azfar ini, banyak sekali ruangan yang unik ditambah dengan fasilitas yang menarik seperti taman, kamar VIP, ruang rahasia, perpustakaan, balkon, dan juga museum yang didedikasikan untuk para admin yang berada didalam server tersebut. Sayangnya hotel tersebut banyak juga mengalami griefing dan saat ini hotel tersebut menjadi sebuah potongan Sejarah yang ada di dunia Gibonz Railway dalam petakan jalur Matraman – Manggarai.

Ada juga builder yang membuat bangunan modern, meriah dan megah. Minimalis dan praktis. Yaitu adalah Adann dan Kaju. Mereka berdua adalah pasangan Minecraft yang selalu Bersama-sama apapun itu kondisinya, selalu berbagi rumah dan juga selalu Bersama.

Mereka menghasilkan banyak hasil karya rumah yang bagus menarik dan menambah nilai estetik yang tersebar diseluruh penjuru Manggarai, Cikini, Matraman, Tebet, Cawang, Duren Kalibata dll. Mereka berdua juga memiliki beberapa usaha toko jualan, dimulai dari Bakso Nyaho, Mie Gaul, Flows, dll yang mungkin bisa kalian mampir dan coba sendiri sensasinya Ketika kalian mendownload Map Stasiun Manggarai ini.

Terdapat juga bangunan unik lainnya yang tidak bisa saya jelaskan semua dalam artikel ini, namun bisa kalian rasakan sendiri sensasinya Ketika kalian mendownload mapnya.

Kita juga melakukan detailing hingga ke arah Cikini, dimana kita membuat Sungai Ciliwung dan Pintu Air Manggarai, yang sangat disayangkan saya kehilangan rekaman timelapse pembuatan bagian ini. Sungai Ciliwung yang ada di Minecraft hanya memiliki kedalaman 1 meter, namun airnya sangat jernih, sampai kita bisa melihat dasar dari Sungai Ciliwung ini.

notXeodez atau nutnut juga termasuk supplier kendaraan dan rumah-rumah modern kita yang letaknya tersebar disemua lokasi map Gibonz Railway. Termasuk Rumah Sakit terkenal buatan notXeodez, yaitu Rumah Sakit CIkini, Rumah Sakit ini memiliki dokter spesialis yang sangat ahli dalam bidangnya, dimana semua penyakit pasti bisa diatasi dan diobati oleh beliau. Biasanya kami menyebut dokter tersebut dengan “Dokter Cikini”.

notXeodez atau nutnut, beliau juga membuat sebuah showroom mobil yang terletak didaerah Stasiun Gambir yang menawarkan mobil-mobil eksotis dengan performa tinggi yang akan membuat kalian tercengang Ketika melihat mobil tersebut didalam showroom.

Nutnut juga membuat sebuah tempat cuci mobil yang memiliki system hydraulic yang membuat mobil anda pasti akan bersih sampai ke chasisnya. Tempat cuci mobil ini juga memiliki repair shop, ketok magic, cat dempul, duco. Yang bisa kalian gunakan Ketika mobil kalian memiliki penyok atau cat yang rontok dan mengelupas.

Bengkel nutnut ini pernah mengalami sebuah kejadian mobil meledak, dimana saat itu ada mobil klien yang mogok dengan mesin hay bale sedang berada didalam bengkel nutnut tersebut. Namun malang, karena ada yang ingin menyalakan rokok, seseorang tidak sengaja menyulut flint and steelnya ke mesin haybale tersebut dan menyebabkan DUARRRRRR.....


Jika kalian tertarik untuk mencoba Stasiun Manggarai ini, pastikan versi minecraft kalian setara atau diatas 1.20.31

Bedrock & PE DOWNLOAD
Java DOWNLOAD